1. PENYETELAN OLI KOMPRESOR
|
- Saat mengganti kompresor dengan yang
baru, secara bertahap buang gas refrigerant dari katup servis. Kemudian
kuras sejumlah oli yang ikut serta dari kompresor baru sebelum
pemasangan, sehingga terdapat jumlah oli yang ditampung tersebut sama
dengan oli di dalam kompresor yang akan diganti..
- PETUNJUK:
- Kompresor
baru diisi dengan oli yang cukup untuk keseluruhan siklus. Karena itu,
perlu menguras oli yang tertinggal dalam kondensor dan unit cooling.
- Standar:
- Jumlah
oli di dalam kompresor baru: 120 (+15) cc / (4.1 (+0.51) fl.oz.)) -
(Jumlah oli yang tersisa dalam kompresor yang diganti) = Jumlah oli yang
telah diambil ketika mengganti kompresor
- PERHATIAN:
- Ketika memeriksa jumlah oli kompresor, amati dengan seksama untuk pembongkaran/pemasangan pendingin.
- Jika
kompresor baru telah dipasang tanpa membuang oli yang masih tersisa di
dalam pipa dari kendaraan, maka jumlah oli akan membesar. Hal ini
menyebabkan pergantian panas dalam siklus refrigerant, mengakibatkan
kegagalan refrigeration.
- Jika jumlah oli yang tersisa dalam kompresor dibuang terlalu sedikit, periksa kebocoran olinya.
- Gunakan oli kompresor ND-OIL8.
2. PASANG KOMPRESOR DAN MAGNETIC CLUTCH |
- Pasang kompresor dan bracket dengan 4 baut.
-
Momen:
- 31 N*m{
316 kgf*cm
, 23 ft.*lbf
}
- PERHATIAN:
- Kencangkan baut dalam urutan seperti ditunjukkan dalam gambar.
- Hubungkan konektor.
3. HUBUNGKAN SELANG HISAP |
- Lepas vinyl tape yang menempel pada selang hisap.
- Gunakan oli kompresor (ND-OIL8) secukupnya pada O-ring baru dan permukaan fitting dari kompresor.
- Oli kompresor:
- ND-OIL8 atau yang sejenis
- Pasang O-ring pada selang hisap.
- Hubungkan selang hisap pada kompresor dengan baut.
-
Momen:
- 7.9 N*m{
81 kgf*cm
, 70 in.*lbf
}
4. HUBUNGKAN SELANG DISCHARGE REFRIGERANT PENDINGIN NO. 1 |
- Lepas selotip vinyl yang terpasang dari selang discharge refrigerant pendingin No.1.
- Gunakan oli kompresor (ND-OIL8) secukupnya pada O-ring baru dan permukaan fitting dari kompresor.
- Oli kompresor:
- ND-OIL8 atau yang sejenis
- Pasang O-ring pada selang discharge refrigerant cooler No 1.
- Hubungkan selang discharge refrigerant pendingin No.1 ke kompresor dengan baut.
-
Momen:
- 7.9 N*m{
81 kgf*cm
, 70 in.*lbf
}
5. PASANG V BELT FAN DAN GENERATOR
|
- Untuk sementara pasang V-ribbed belt pada setiap puli
6. SETEL V BELT FAN DAN GENERATOR
|
- Putar penyetel baut C dan setel tegangan V-belt.
- Kencangkan baut fixing A dan B.
-
Momen:
- 19 N*m{
194 kgf*cm
, 14 ft.*lbf
}
untuk baut A
- 44 N*m{
449 kgf*cm
, 33 ft.*lbf
}
untuk baut B
7. PERIKSA V BELT FAN DAN GENERATOR
|
|
- Periksa defleksi belt dengan mendorong belt pada titik yang diindikasikan dengan tanda panah dalam gambar.
- Defleksi:
Item | Kondisi Spesifikasi |
Belt baru | 6.5 sampai 7.5 mm (0.26 sampai 0.30 in.) |
Belt bekas pakai | 11.5 sampai 14.5mm (0.45 sampai 0.57 in.) |
- Tegangan:
Item | Kondisi Spesifikasi |
Belt baru | 834 sampai 932 N (85 sampai 95 kgf, 187 sampai 209 lb) |
Belt bekas pakai | 441 sampai 539 N (45 sampai 99 kgf, 55 sampai 121 lb) |
Jika defleksi belt tidak sesuai spesifikasi, setel belt tersebut.
- PETUNJUK:
- Periksa defleksi V belt pada nilai spesifikasi.
- Ketika memasang belt baru, setel tegangannya ke nilai spesifikasi.
- Ketika memeriksa belt bekas pakai lebih dari 5 menit, pakailah spesifikasi belt bekas pakai.
- Ketika
memasang kembali belt bekas pakai lebih dari 5 menit, setel defleksi
dan tegangannya untuk nilai tengah spesifikasi dari belt bekas pakai.
- Tegangan dan defleksi V-ribbed seharusnya diperiksa setelah 2 kali putaran selama cranking mesin.
- Bila menggunakan gauge tegangan belt, pastikan akurasi alat ukur itu dengan menggunakan master gauge terlebih dulu.
8. PASANG SELANG SARINGAN UDARA NO. 1 |
- Pasang selang saringan udara No. 1 dengan baut dan klem selang.
- Pasang selang tangki reserve ke klem dari selang saringan udara No. 1.
9. HUBUNGKAN KABEL KE TERMINAL NEGATIF BATERAI |
12. PERIKSA KEBOCORAN REFRIGERANT